HAPPY THANKSGIVING !!!

1:35 PM

 Wednesday, 30 November 2016


Happy Thanksgiving Day, Everyone !!! 
Hollaa!! Maybe it's too late to post my thanksgiving post. Cause yesterday all people in America celebrated Thanksgiving Day, aaand i wanna say once again Happy Thanksgiving for all of you who celebrated this very grateful day 💓😃.


Di Indonesia, memang tidak ada perayaan secara khusus mengenai hari thanksgiving, karena perayaan ini memang dirayakan di negara-negara bagian barat, hari perayaannya pun berbeda-beda. Namun yang paling umum mengikuti hari perayaan yang dilakukan di Amerika yaitu setiap hari kamis minggu keempat bulan November. Hari thanksgiving sendiri juga dimaknai sebagai ucapan rasa syukur kepada tuhan selama ini.











So, guys... thanksgiving kali ini, Ranch Market mengadakan acara Happy Healthy Thanksgiving bersama anak-anak dari Jakarta International Multicultural School (JIMS), setiap pengunjung yang memiliki Trust Card Ranch Market juga boleh mengikuti acara ini.
Lifestyle Studio Ranch Market Pondok Indah (Photo Courtesy of the Circle Photography
 Acaranya diadakan di Lifestyle Studio Ranch Market Pondok Indah. Jadi, Lifestyle Studio ini semacam workshop milik Ranch Market yang sudah ada sejak tahun 2011 dimana tempat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti misalnya event-event komersial tertentu, cooking class, gathering bahkan acara private party, arisan dan dining loh! Keren yah?
Tempatnya berkonsep hangat sekali, setengah bagian ruangan ini didekor full kitchen set, dan infonya setiap hari sabtu diadakan cooking class bersama Chef. Sebagian ruangan lagi dibuat untuk tempat berkumpul dan gathering jadi seperti living room gitu.
 
Di acara Happy Healthy Thanksgiving ini, Ranch Market mau mengusung tema kesehatan karena kalau biasanya orang-orang menganggap sajian thanksgiving identik dengan makanan-makanan yang berkalori tinggi, Ranch Market ingin memberikan hal yang berbeda yaitu thanksgiving juga bisa sehat. Akhirnya, terbentuklah acara ini yang disupport oleh Amazing Farm sebagai produsen sayuran organik berkualitas yang sehat, fresh dan enak-enak banget serta Slimgourmet Healthy Catering yang akan memberikan edukasi dan cooking demo bagaimana mengolah sayuran tadi dan juga membuat  sajian hari thanksgiving yang sehat.

Acaranya dimulai sekitar jam 10.00 WIB dengan sambutan dari MC yang menurutku lucu dan seru banget bawain acaranya, terus dilanjutin dengan persembahan lagu dari anak-anak Jakarta International Multicultural School. Aku lupa judul lagunya, tapi itu lucu banget dengan gerakan-gerakan yang mereka lakukan, they even seemed cute while singing with their those flat and innocent face hihihi
Setelah mereka selesai menyanyikan lagu persembahan, acara diisi dengan salad competition oleh anak-anak yang didampingi orangtua atau guru mereka yang hadir. Tapi...sebelumnya ada sambutan dari pihak Amazing Farm mengenai sayuran-sayuran yang akan digunakan untuk salad competition saat itu, juga demo salad making sebagai contoh yang didemokan langsung oleh Chef Dodi, Chef western Slimgourmet Healthy Catering yang memandu semua cooking demo hari itu. Setelah memberikan sedikit kata sambutan, aku dan Chef Dodi mulai mendemokan membuat salad, kebetulan saat itu Chef Dodi membuat Waldorf Salad and quickly he did plating for the salad. Ga ketinggalan, aku memberikan edukasi mengenai pentingnya makan sayuran dan menjelaskan nilai-nilai gizi sayuran kepada anak-anak.

Anak-anak, mommies, para guru dan peserta lainnya terlihat cukup serius dan antusias memperhatikan kami. Selesai demo cooking salad oleh Chef Dodi, selanjutnya anak-anak membuat salad dan dari kesemuanya akan dipilih tiga salad yang diplating menarik. Dibantu pendampingnya memotong-motong, anak-anak keliatan exciting sekali menghias salad mereka. Bahkan ada anak yang tidak suka salad, tapi dia jadi pemenang salad competition karena platingnya oke hihi, he must try his salad, eh? Haha

Thanksgiving is not thanksgiving without Turkey, right? So, demo cooking selanjutnya adalah membuat Baked Turkey. Sementara anak-anak membuat Thanksgiving card, peserta yang merupakan ibu-ibu serta customer loyal Ranch Market lainnya memperhatikan setiap aksi demo Chef Dodi membuat baked  turkey.
Ternyata, membuat baked turkey itu gampang-gampang susah, loh! Sebenernya kita Cuma perlu oven untuk manggang dan tenaga yang full untuk mengolah turkey yang gede banget itu hihihi. Turkey yang digunakan pada resep ini adalah young turkey dan beratnya mencapai 6 kilogram, pemirsa! Wah remind me thanksgiving in Mr. Bean’s scene hahahaa. Turkey yang masih muda rasa dagingnya lebih manis dan lebih lembut dibandingkan dengan turkey yang sudah berusia lebih dewasa. Turkey atau kalkun dalam bahasa Indonesia, memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi serta kandungan protein yang tinggi. Kalau ditanya tentang masalah kolesterol, jawabannya ya sudah pasti turkey mengandung kolesterol, karena kolesterol dihasilkan oleh semua makhluk hidup. Tipsnya adalah konsumsi daging turkey sewajarnya (yaiya dong yaaa masa iya juga mau makan satu ekor turkey sendirian hhehehe) dalam batas posrsi yang sesuai yaitu sekitar 50 gram dan maksimal 100 gram, serta pilihlah daging bagian dada yang tidak ada kulitnya. Bagian dada turkey lebih memiliki daging yang lean dan sedikit lemak, berbeda dengan bagian turkey lainnya yaitu paha dan sayap berkulit. Hindari juga jeroan-jeroan yang ada pada turkey kecuali hati turkey karena hati turkey seperti halnya hati hewan unggas lainnya berprotein sangat tinggi juga kaya asam folat. But, perlu dihindari konsumsi jeroan jika hasil cek darah kita mendeteksi tingginya asam urat.

Secara keseluruhan baked turkey yang dibuat pada cooking demo ini menggunakan olive oil, mulai dari bahan marinasi, glaze coating dan sauce. Well, healthy banget kan? Kandungan gizi olive oil atau minyak zaitun sudah bukan rahasia lagi yah, saat ini hampir semua orang sudah tahu khasiat dari olive oil bagi kesehatan tubuh terutama jantung karena kandungan asam lemak tak jenuh yang ada didalamnya, smoke point yang lebih tinggi dari minyak kelapa sawit yang biasa digunakan pada masyarakat umumnya juga menjadi hal penting yang membuat olive oil lebih aman untuk kesehatan.

Baked turkey ini ternyata sangat menarik perhatian para ibu-ibu peserta cooking demo, mereka antusias sekali memperhatikan dan interaksi tanya jawab sudah aktif terjadi sejak Chef Dodi mulai menjelaskan cara membuat bahan marination turkey. Katanya sih... ini pertama kali mereka melihat cara memasak baked turkey dan belum pernah membuat baked turkey tapi kalo nyoba baked turkey nya sih sering di acara-acara undangan thanksgiving dan di restoran juga. Oke deh buibu, perhatiiin terus biar pinter yaa hihi.
Buat kalian, guys yang mau mencoba membuat baked turkey yang sehat sendiri di rumah, aku udah tulisin nih resepnya... check yuk!


Baked Turkey
Bahan
1 ekor Young turkey (Kalkun muda)

Bahan marinasi
Blended garlic 500 g
Blended onion            500 g
Orange Juice               500 ml
Unsalted Butter          300 g
Paprika Powder           200 g
Rosemary                    2 sdt
Oregano 2 sdt
Garam 6 sdt
Lada 7 sdt
Mustard 200 g
Olive oil 100 ml

Bahan Stuffed Belly (Isian perut kalkun)
Mirepoix:
Onion  200 g
Wortel 300 g
Daun bawang  150 g
Seledri 200 g
Fresh Bay leaves 5 g
Fresh Rosemary 10 g

Bouquet Garni:
Daun bawang  200 g
Fresh thyme    10 g
Fresh Rosemary 10 g
Fresh bay leaves 10 g

Glaze Coating:
Olive`oil 300 ml
Unsalted butter 150 g
Paprika powder 300 g
Orange juice 300 ml
Mixed herbs 20 g
Saus tomat/puree tomat 250 g
Garam 2 sdt
Lada 3 sdt
Madu 300 ml

Bahan sauce:
Olive oil 200 ml
Onion 300 g
Garlic 200 g
Bouquet garni 150 g
Chicken brown stock 8 L
Low fat milk 500 ml
Jamur Champignon slice 300 g
Unsalted butter 150 g
Kayu manis 2 btg
Jahe 5 cm
Garam 3 sdt
Lada 4 sdt
Sweetener 1 sdt

Cara membuat Baked Turkey
Bersihkan turkey sebelum melakukan marinasi. Potong bagian perut hingga terbuka.
Marinate turkey dengan rata dengan membalurkan bahan-bahan marinasi yang sudah dicampur menjadi satu
Diamkan selama 6 jam agar bumbu meresap di dalam chiller lebih baik
Setelah kurang lebih 6 jam, keluarkan dari chiller, masukkan bahan-bahan stuffed ke dalam perut kalkun
Rapatkan kulit perut kalkun dengan menjahit kulit bagian bawah perut kalkun menggunakan benang food grade
Wrap up turkey dengan alumunium foil dan panggang dengan suhu 175°C kurang lebih 1 jam
Sembari menunggu kalkun matang, siapkan bahan glazing untuk coating kalkun yaitu dengan mengocok semua bahan menjadi satu
Keluarkan kalkun dari oven dan oles dengan bahan coating lalu panggang kembali, lakukan hal seperti ini beberapa kali hingga warna kalkun mengkilat coklat keemasan

Cara membuat sauce
Masukkan olive oil dan unsalted butter ke dalam panci saus
Tumis onion dan garlic hingga harum kecoklatan
Masukkan bouquet garni dan bahan rempah lainnya hingga harum beraroma
Masukkan jamur, aduk rata
Tambahkan chicken brown stock, aduk rata
Re-juice selama 25 menit dengan api kecil
Masukkan low fat milk dan aduk hingga rata
Tambahkan garam, lada dan sweetener, aduk
Sauce siap disajikan


Benang Food Grade untuk Mengikat Perut Kalkun (Turkey)

Bouquet Garni in detail
Baked Turkey yang dibuat oleh Chef Dodi ini rasanya kaya banget sama si rempah-rempah tadi, jadi kerasa hangat gimana gitu hihi, daging kalkunnya taste like smoke beef mungkin karena proses pemanggangan yang full banget sama herb. Anyway, sayuran apa aja yang kalian suka bisa ditambahkan ke dalam perut kalkunnya yah, kalau aku yang masak sih mungkin bakal aku sumpelin jamur, sawi dan brokoli hmmm i think it will be good idea and yummy dish!

Menurut anak-anak yang mencoba hidangan baked turkey ini sih enak and they like it. Anak-anak ga mungkin bohong kan yaa hohoho dan bahkan beberapa ibu-ibu peserta yang jadi pengen order ke Chef Dodi nih hihi enak banget yaa bu??

Gimana? Mau coba juga buat dirumah?😃

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook